slider

 Cake with Icing Sugar  Barbie Cake & Hello Kitty  Cheese Cake & African Gateu  Baby Cupcake, Christmas Cupcake & Cupcake Bouqette  Chiffon Pandan & Cheese Brownies  Cheese Button, Biscotti, Icing Sugar Cookies Apple Pie, Chocolate Cheese Pie & Blueberry Cheese Pie Cinnamon Bread & Pizza Kue Ku, Bakpia, Onde Onde Danish Pastry, Apple Struddle, Roomhorn Orange Wedding Cake Lapis Legit, Lapis Surabaya, Brownies Kukus

Saturday, November 24, 2012

Soboro Custard Bread - Not Gluten Free

Masih semangat dengan NCCBW. Setelah mencoba soft bread dengan metode water roux, sekarang ingin mencoba soft bread dengan resep mb Rieni.

Yang membuat beda adalah topping dan fillingnya.
Toppingnya aku ambil dari Korean Soboro bread yang aku ambil dari buku Roti Sehat dan Lezat karangan Sangjin Ko.
Arti dari soboro adalah jelek ... mungkin karena bentuknya tidak manis ya. Tapi rasanya enak, crunchy seperti kukis, manis karena gula dan gurih karena selai kacang.

Tetapi sepertinya yang aku buat masih belum sempurna, karena adonannya sepertinya kurang keset, harus dicoba lagi lain kali.

Kalau dari resep roti Soboro, sepertinya tidak ada fillingnya.
Supaya tidak polos, aku ambil deh resep dari buku yang sama, yakni roti Custard Korea (Syukrim Ppang).

Dan karena jadinya banyak, maka seperti biasa, sebagian aku pergunakan untuk roti Amris, kesukaan si bontot. Dan jadi bekal si sulung belajar bareng dengan teman-temannya.

Resep soft bread mba Rieni, enak dan lembut. Teksturnya berbeda dengan yang metode water roux. Sama-sama enak, tergantung selera.

Ini dia resep soft bread mbak Rieni.

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
3 kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter
250 cc susu cair
1 bks ragi instant (11 gr)
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam

Cara membuat :
1. Larutkan ragi dengan 2 sdm air hangat (aku tadi 3 sdm air hangat), tunggu 10 menit-an sampai ragi mengembang
2. Campur bahan kering, tambahkan bahan cair dan ragi yang sudah dilarutkan, mixer hingga kalis
3. Masukkan butter dan garam, mixer lagi sampai elastis
4. Diamkan selama 30 menit (aku tadi 45 menit)
5. Potong adonan 30 gr (aku 40 gr, karena akan diisi dan diamkan selama 30 menit sebelum diisi)
6. Giling tipis, isi dengan 1 sdm custard (resep di bawah)
7. Oles dengan campuran kuning telur dan susu, lalu tutup dengan adonan soboro
8. Diamkan lagi selama 60 menit (aku 30 menit)
9. Aku panggang dengan api atas dan bawah dengan 180C selama 15 menit

Resep topping soboro
Bahan:
25 gr margarin
75 gr gula pasir
1/2 butir telur
120 gr tepung terigu protein sedang
1 gr garam
15 gr selai kacang

Cara membuat:
1. Campur margarin dan gula dalam mangkuk, mixer sampai putih.
2. Tambahkan telur, lalu masukkan tepung yang sudah diayak, dan aduk dengan tangan
3. Lalu masukkan selai kacang dan garam


Resep filling custard
Bahan:
250 ml susu segar
3 kuning telur
75 gr gula
5 gr tepung terigu tepung protein rendah
10 gr mentega

Cara membuat:
1. Didihkan susu
2. Kocok telur, gula dan tepung terigu sampai putih lalu masukkan perlahan ke susu, rebus dengan api sedang selama 3 menit. Lalu masukkan margarin
Hanya saja, sepertinya hasilnya kelembekan, sepertinya harus dicoba lagi lain kali.