slider

 Cake with Icing Sugar  Barbie Cake & Hello Kitty  Cheese Cake & African Gateu  Baby Cupcake, Christmas Cupcake & Cupcake Bouqette  Chiffon Pandan & Cheese Brownies  Cheese Button, Biscotti, Icing Sugar Cookies Apple Pie, Chocolate Cheese Pie & Blueberry Cheese Pie Cinnamon Bread & Pizza Kue Ku, Bakpia, Onde Onde Danish Pastry, Apple Struddle, Roomhorn Orange Wedding Cake Lapis Legit, Lapis Surabaya, Brownies Kukus

Wednesday, December 19, 2012

Mocaf Hokaido Chiffon Cup Cake

Cake yang lembut adalah kesukaanku, karena aku tidak suka cake yang berat dan mengenyangkan.
Aku dapatkan resep ini dari blog mbak Hesti lagi. www.hesti-myworkart.blogspot.com.

Selain itu ingat dibawakan salah satu teman kantorku, 1 cup cake yang dia bilang dia beli dari toko yang khusus bernuansa Jepang. Lembut juga, jadi pingin buat sendiri.

Dan memang, setelah matang, cake ini lembut sekali. Akan menambah daftar favorite resep chiffon cake-ku.

Seperti biasa, maka tepungnya aku ganti dengan tepung mocaf.
Oh ya, karena di blog mbak Hesti bilang kurang manis, aku tambahkan sedikit gulanya, dan menurutku sih pas. Dan tidak butuh 1 jam untuk semua lenyap dari meja makan he he he.

Untuk fillingnya, pertama aku bingung, bagaimana cara melubanginya.
Akhirnya aku pakai spuit bintang untuk melubangi (hiks, ternyata panas kalau dilakukan setelah cake keluar oven, tetapi karena semangat, jadi diteruskan sampai selesai ^_^).



Ini dia resepnya:
- 3 kuning telur
- 20 gr gula pasir (aku tambahkan menjadi 30 gr)
- 35 gr minyak jagung (aku ganti minyak goreng biasa)
- 60 gr susu cair
- 70 gr tepung mocaf
- 3 butir telur
- 25 gr gula pasir (aku tambahkan menjadi 30 gr)

Bahan filling:
- 60 gr daily cream
- 10 gr gula pasir
- 1 sdt vla instant

Cara membuat:
1. Panaskan 0ven 170C. Siapkan cup dalam loyang
2. Kocok kuning telur dan 30 gr gula pasir menggunakan whisk sampai pucat.
3. Tambahkan minyak dan susu cair. Aduk rata.
4. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi sampai berbusa. Masukkan sisa gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai soft peak
5. Ambil 1/3 adonan putih telur, masukkan ke adonan kuning telur, aduk balik sampai rata.
6. Masukkan adonan kuning telur ke sisa adonan putih telur. Aduk balik sampai rata
7. Tuang di dalam cup sampai 3/4.
8. Panggang selama 20 - 25 menit
9. Vla : kocok whipped cream sampai mengembang. Tambahkan gula dan vla instant. Kocok lagi, dan masukkan ke piping bag.
10. Tusuk bagian tengah kue yang sudah matang, lalu semprotkan vla sampai meluap keluar.
11. Taburkan gula halus dan sajikan (yang ini kemarin lupa, sudah keburu masuk perut). paling enak disajikan dalam keadaan dingin.

No comments:

Post a Comment