slider

 Cake with Icing Sugar  Barbie Cake & Hello Kitty  Cheese Cake & African Gateu  Baby Cupcake, Christmas Cupcake & Cupcake Bouqette  Chiffon Pandan & Cheese Brownies  Cheese Button, Biscotti, Icing Sugar Cookies Apple Pie, Chocolate Cheese Pie & Blueberry Cheese Pie Cinnamon Bread & Pizza Kue Ku, Bakpia, Onde Onde Danish Pastry, Apple Struddle, Roomhorn Orange Wedding Cake Lapis Legit, Lapis Surabaya, Brownies Kukus

Sunday, September 1, 2013

Cream Cheese Choux Pastry / Sus Cream Cheese








Sudah beberapa lama simpan resep sus.
Ternyata banyak sekali variasinya.
Tetapi hari ini ingin coba resep NCC dulu, karena di buku terlihat kokoh pastrynya.
Rasanya enak, tetapi menurutku adonannya terlalu lembut, sehingga saat dispuit agak meleber.
Jadi motif spuit bintangnya terus hilang.
Atau mungkin aku ada yang salah, tidak tunggu sampai adonan terigunya dingin, tetapi telurnya sudah dimasukkan.


Untuk fillingnya, aku pakai ilmu kira kira, aku kocok non dairy cream, lalu aku tambahkan sedikit gula bubuk dan cream cheese. Supaya tidak plain, aku beri taburan keju.

Sedang untuk bentuknya, supaya tidak kelihatan biasa, aku menggunakan cetakan pie kecil.
Aku spuit dasarnya, lalu dari bawah ke atas, sampai semua dinding cetakan pienya tertutup.
Awalnya sudah kawatir bakalan turun adonannya, tetapi ternyata malah tegak berdiri dan tambah tinggi. Tengahnya juga semula tinggi, tetapi nanti akan kempes sendiri, jadi filling tidak meleber.

Setelah dimasukkan kulkas, hmm enak ternyata.


Resep sus-nya adalah sbb:
- 125 gr tepung terigu protein tinggi
- 225 ml air
- 100 gr margarin
- 1 sdm gula pasir
- 4 butir telur

Cara membuat:
1. Rebus air, margarin, dan gula hingga mendidih
2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis. Angkat dan dinginkan
3. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mikser hingga kental dan tercampur rata. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit
4. Semprotkan adonan di atas loyang kue kering yang telah dioles marganin
5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi 200C hingga mengembang, kokoh, dan tidak ada lagi buih buih margarine di atasnya. Angkat

No comments:

Post a Comment